Jumat, 24 Juni 2011

Kelinci Mencret atau Kembung


Saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan teman – teman yang telah mampir diwebsite ini. musim hujan telah tiba biasanya banyak peternak atau hobbies pemula mulai menemukan banyak masalah pada kelincinya terutama mecret dan kembung tapi hujan bukan lah satu – satunya penyebab kelinci mencret mungkin faktor lain seperti makanan yang berikan. itu pernah saya alami dan saya rasakan sehingga banyak kelinci saya mati gara- gara mencret dan kembung karena belum menemukan obatnya yang pas. solusinya yang saya lakukan dengan bertanya kepada teman – teman dan mencari literatur – literatur yang berhubungan. dan akhirnya pada satu keputusan untuk mengambil kesimpulan dan memperaktekannya. alhamdulliah berhasil semua teratasi hanya dalam waktu 1 – 2 hari. Saya akan berbagi pengalaman jadi kalau kelinci kita mencret atau kembung dan tidak punya obat mencret khusus kelinci coba lakukan beberapa hal sebagai berikut, INGAT ini untuk keadaan darurat, tidak baik untuk terus menerus karena dosis terlalu besar akan merusak jantung dan hati pada kelinci seharusnya untuk kelinci setiap gram mengandung 100 mg. sedangkan obat manusia 500 mg/ g.
Mencret : Intertrim LA ( Suntik ) or Intertim Oral ( Product : Interchemie Holland )
Kembung : Permenthyl 5% atau Enroten ( TMC )
  • Pisahkan kelinci yang mencret
  • Singkirkan pakan rumput dan gantikan dengan pakan konsentrat ( pur khusus kelinci ) atau dengan Hay ( rumput kering )
  • Beli antibiotik Metronidazol 500 mg, obat ini termasuk obat generik jadi harganya sangat murah dan mudah didapat di apotik terdekat atau kalau tidak ada bisa pakai juga antibiotik enrofloxacin atau  Oxytetraciclyn. saya biasa menggunakan item yang pertama karena yang kedua dan ke tiga agak susah dicari ditempat saya.
  • Satu tablet dibagi empat ( 1/4  tablet ) untuk anakan dan dibagi tiga  ( 1/3 tablet ) untuk indukan.
  • Kemudian 1/4 tablet di gerus ( dihaluskan ), dan dituangkan ke sendok teh  ( jangan sedok makan terlalu besar susah masuk ke mulut kelinci )  lalu dicampur air matang sampai penuh permukaan sendok dan diaduk sampai merata lalu pegang kelinci dan masukan kemulut kelinci secara berlahan dan lakukan sehari 2 kali sampai kotoran kelinci normal kembali rata- rata  1 – 2 hari sudah sembuh
  • Agar kelinci tetap sehat, jaga kebersihan kandang, ventilasi udara dan usahakan kena sinar matahari pagi agar bakteri atau jamur tidak bisa berkembang biak.
  • Satu hal yang tidak kalah penting hindari kelinci kena angin secara langsung apalagi angin sewaktu hujan. usahakan kandang tertutup rapih
Terakhir tetap Berusaha dan Berdo’a semoga apa yang kita lakukan tetap di Ridho’i oleh Allah SWT  Pencipta Alam Semesta.
kelinci banyumas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar