Jumat, 24 Juni 2011

Meraba /Palpasi Untuk Menentukan Kehamilan Kelinci

Untuk memastikan perkawinan kelinci membuahkan janin perlu dilakukan pemeriksaan. Cara yang sederhana yaitu dengan cara meraba/ palpasi.
Panduan sederhana adalah sebagai berikut.


Perabaan atau palpasi dilakukan pada 10 hari setelah tanggal perkawinan kelinci. Untuk meraba, tempatkan kelinci Anda pada permukaan yang nyaman agar kelinci rilex. Jika dia gugup otot perutnya akan menjadi tegang dan Anda tidak bisa merasakan apa-apa.

Pegang kelinci dengan satu tangan. Saya biasanya menempatkan satu tangan di belakang kepala. Dengan tangan satunya lagi Anda meraba perut kelinci. dari bawah bagian punggung sampai ke arah antara dua kaki belakangnya.

Letakkan empat jari di satu sisi dan ibu jari di sisi lain. Anda dapat melihat penempatan tangan seperti pada gambar di atas. PERLAHAN meremas dengan jari-jari Anda dan jempol bersama-sama, "mencapai" naik. Jika betina hamil Anda akan merasa bola yang besar. Janin dapat berukuran seperti buah anggur dan diusia sekitar 14-15 hari lama akan menjadi seperti kelereng besar. Tetapi apabila yang Anda rasakan lebih kecil dari anggur maka itu adalah kotoran.
kelinci banyumas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar